Dalam Operasi Zebra, Polresta Terapkan Sistem Reward And Punishment

Probolinggo – Polresta Probolinggo terapkan sistem reward and punishment dalam Operasi Zebra Semeru 2019 di Kota Probolinggo. Yang tertib berlalu lintas akan diberi hadiah, sementara yang melanggar pasti ditilang.Polisi menggelar Operasi Zebra di Jalan Ahmad Yani, atau kawasan Alun-alun Kota Probolinggo.

Berbekal snack dan boneka Hello Kitty, polisi memberikan reward bagi pengendara yang tertib berlalu lintas. Sedangkan bagi pengendara motor yang melanggar tetap diganjar surat tilang.

Dengan senyum manis, parapPolwan berparas cantik memberikan reward kepada para pengendara, utamanya yang membawa anak. Tentu saja pengguna jalan kaget sekaligus senang dengan hadiah tersebut.

Salah seorang pengendara motor yang tengah membawa anaknya, Anisa, mengapresiasi langkah polisi tersebut. Dengan cara tersebut, menurut Anisa polisi bisa memberikan pelajaran bagi anak untuk tertib berlalu lintas.

“Bagus cara seperti ini, unik juga. Saya sebagai para orang tua, sangat mendukung cara-cara positif seperti ini,” ungkapnya.

Sementara itu, bagi para pengendara yang melanggar aturan, langsung dikenai tilang. Langkah itu diambil guna menerapkan kedisiplinan bagi para pengendara kendaraan bermotor.

Kasat Lantas Polresta Probolinggo AKP Tavip Hariyanto mengatakan pemberian snack dan boneka bertujuan agar anak sadar dan tertib berlalu lintas sejak usia dini.

Harapannya, saat besar nanti para generasi muda lebih tertib lagi berlalu lintas yang pengaruhnya akan menekan kecelakaan di jalan serta taat aturan selama berkendara roda dua maupun roda 4.

Tavip menjelaskan sekitar 700 pengendara yang melanggar sudah dikenai tilang sejak operasi Zebra mulai digelar pada 23 Oktober 2019 lalu.

“Pelanggar lalu lintas yang terjaring operasi atau ditilang sebagian besar merupakan pengendara motor,” kata mantan Kapolsek Tongas tersebut.