Cegah Wabah Corona, Pasangan Pengantin di Jombang Ucap Ijab Kabul Pakai Tali

Foto Istimewa

Jombang – Hal unik terjadi dalam akad nikah warga Jombang, Jawa Timur. Untuk mencegah penyebaran virus Corona, proses ijab qobul dilakukan tanpa jabat tangan dan diganti dengan memegang tali.

Akad nikah unik ini dijalani Ifan Saifudin asal Desa Pelemahan, Kecamatan Sumobito, Jombang dengan Miftahul Firdaus, warga Desa Sumberejo, Kecamatan Jombang. Pasangan pengantin ini menggelar akad nikah di musala dekat rumah Miftahul.

Hal ini terpaksa dilakukan lantaran wabah corona, sehingga jabat tangga sangat tidak dianjurkan. Penghulu dari Kantor Urusan Agama Kecamatan Jombang, Hasanudin mengatakan akad nikah unik ini tetap sah.

“Kami semua memakai masker, sarung tangan dan tali ini sebagai upaya lahiriah untuk mencegah penyebaran corona, tapi tidak mengurangi makna pernikahan itu sendiri,” ujar Hasanudin, Senin (6/4/2020).

Hasanudin menambahkan, ijab kabul pernikahan menggunakan media tali sudah menjadi anjuran Kementerian Agama. Tentunya akad nikah seperti ini untuk mencegah penyebaran Covid-19. Karena berjabat tangan dikhawatirkan menjadi media penularan virus tersebut.

“Memang hal itu tidak biasa dilakukan, tapi tidak mengurangi keabsahan dan juga nilai dari pernikahan itu sendiri,” pungkasnya.

Ifan selaku mempelai pria mengaku sempat khawatir tali terlepas selama proses ijab kabul. Namun dia mengaku sangat bahagia setelah melewati prosesi pernikahan tersebut.

“Sempat takut tidak lancar akadnya, tapi setelah semua berjalan lancar, saya lega,” tandas Ifan Mempelai pria.