Cegah Penyebaran Covid-19, Ratusan Penghuni Lapas Porong Lakukan Test Swab

Foto Istimewa

Sidoarjo, Jatimpos.comUpaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) terus dilakukan Lapas Kelas I Surabaya di Desa Kebonagung, Kecamatan Porong, Sidoarjo. Salah satunya, pihak Lapas Porong menggandeng RSUD dr Soetomo Surabaya untuk tes usap (test swab) covid-19 bagi 200 penghuni Lapas Porong.

Ratusan peserta swab test itu terdiri dari unsur pegawai dan napi. Kegiatan swab test massal ini dipusatkan di halaman Klinik LapasPorong.

Kegiatan dipimpin langsung Kabid Pembinaan Hero Sulistiyono didampingi Kasi Perawatan Prayogo Mubarak. Keduanya memantau langsung tim laboratorium RSUD dr Soetomo Surabaya saat melaksanakan swab test itu.

“Kegiatan tes usap akan dilakukan secara bertahap. Pada kesempatan kali ini ada 200 orang peserta. Mereka terdiri dari 35 orang petugas dan 165 napi,” ujar Hero, Jumat (18/09/2020).

Hero menambahkan meski sempat ada beberapa pegawai dan napi positif Covid-19 dan dinyatakan sembuh, namun pihaknya tetap melakukan langkah-langkah deteksi dini secara berkala.

“Karena kita tidak tahu dan siapapun bisa tertular serta menjadi spreader, ini harus diantisipasi sedini mungkin,” tambah Hero.

Dari 35 pegawai tes swab, jelas dia, selama ini berhubungan langsung dengan pelayanan dengan napi. Seperti regu pengamanan, penitipan barang dan tenaga kesehatan.

“Pegawai yang tergolong lansia juga masuk daftar yang harus dites,” terang Kasi Perawatan Lapas Porong  Prayogo Mubarak.

Sementara 165 napi yang dites yakni lansia dan juga ada yang kontak erat dengan pasien sebelumnya. Hingga pukul 15.00 WIB, hasil swab belum bisa keluar.

“Senin kita ada tes usap lagi, rencananya 200 orang lagi akan dites,” tandas Prayogo.