Cegah Narkoba di TNI, Kodim 0803 Madiun Gelar Tes Urine

Foto Istimewa

Madiun, JatimpostMemastikan anggotanya bebas dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang  Kodim 0803/Madiun, menggelar tes urine yang diikuti oleh sekitar 100 anggota TNI yang berdinas di Makodim 0803/Madiun.

Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi tersebut sebagai narasumber Mayor Ckm (K) dr. Setiya Dewi dari Rumah Sakit Tingkat IV Madiun, yang menjelaskan tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba kepada seluruh Prajurit Kodim 0803/Madiun.

Komandan Kodim 0803/Madiun Lekol Czi Nur Alam Sucipto, mengatakan kegiatan TP4G bukan sekedar seremonial. Diharapkan melalui kegiatan ini, anggota memahami tentang bahaya narkoba. Selain itu, berfungsi untuk mengontrol anggota agar tidak terlibat penyalahgunaan Narkoba. Mengingat saat ini Indonesia sudah termasuk dalam kategori darurat narkoba, sehingga pemerintah sudah menyatakan perang terhadap masalah narkoba.

“Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi P4GN dilaksanakan mengingat pada saat ini di Indonesia sudah termasuk dalam kategori darurat narkoba, sehingga pemerintah sudah menyatakan perang terhadap masalah narkoba,” kata Dandim, Kamis (2/7/2020).

Dalam pemaparannya, Mayor Ckm (K) dr. Setia Dewi selaku narasumber dari Rumah Sakit tingkat IV/Madiun, menuturkan, pemakaian zat-zat narkotika hanya diperbolehkan untuk kepentingan medis sesuai dengan pengawasan dokter dan juga untuk keperluan penelitian. Selebihnya, obat-obatan tersebut tidak memberikan dampak positif bagi tubuh.

“Bahaya penyalahgunaan narkotika hanya dapat mengganggu kualitas hidup seseorang, mengacaukan relasi keluarga, kesehatan menurun, dan yang paling buruk adalah menyebabkan kematian,” tandas Setia.

Setelah penyuluhan dan sosialisasi Narkoba, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan urine terhadap 100 orang prajurit, untuk pengambilan sampel urine dipilih secara acak dan dari hasil pengecekan urine tersebut tidak ditemukan adanya Prajurit yang terindikasi menggunakan Narkoba.