Bupati Lumajang Prioritaskan Pembangunan di Sektor Pertanian

Lumajang – Bupati Lumajang Thoriqul Haq atau Cak Thoriq berharap kelompok tani untuk lebih meningkatkan produksi dan kualitas beras di wilayahnya.

Sebab, salah satu program prioritasnya berada di sektor pertanian. Salah satu bentuk keberpihakannya terhadap petani adalah mewajibkan semua beras yang diberikan kepada Program Keluarga Harapan (PKH) adalah hasil produksi beras petani dari Kabupaten Lumajang sendiri.

Hal itu diungkapkannya saat mengecek pembangunan normalisasi saluran sekunder di Dusun Jombang, Desa Yosowilangon Lor, Kecamatan Yosowilangon, Kamis (5/9/2019).

“Karena proses perjalanan distribusi beras yang selama ini berjalan dengan baik dari petani untuk masyarakat Lumajang. Saya memilih tetap berkebijakan bahwa program PKH harus dari berasnya petani yang ada di Kabupaten Lumajang,” kata Cak Thoriq.

Selain itu, tujuan utama normalisasi ini bertujuan agar produktifitas hasil pertanian dari Kecamatan Tekung hingga Kecamatan Yosowilangon bisa lebih maksimal dan masyarakat lebih mudah mendapatkan saluran air untuk pengairan di areal persawahan.

“Diperkirakan normalisasi ini dua minggu selesai dan harapannya hasil produksi pertanian semakin meningkat,” tambah bupati muda dari PKB tersebut.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada kelompok tani di dua kecamatan tersebut untuk menyisihkan beberapa lahan sawah untuk memulai program pertanian pada organik.

“Saya juga titip kepada kelompok tani yang hadir supaya menyisihkan beberapa lahan sawah untuk memulai program pertanian padi organik,” pungkasnya.