BMKG Imbau Masyarakat Jatim Waspadai Cuaca Ekstrem di Akhir Pekan

foto istimewa

Surabaya – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, mengeluarkan peringatan dini bahwa di sebagian wilayah di Jawa Timur berpotensi terjadi angin kencang disertai dengan hujan deras saat akhir pekan ini.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto di Sidoarjo, Jumat, mengatakan pada akhir pekan ini terjadi potensi angin kencang disertai dengan hujan deras, terutama pada saat sore dan malam hari.

Teguh juga meminta masyarakat berhati-hati saat beraktivitas di luar ruangan. “Imbauannya untuk masyarakat Jatim diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati,” kata Teguh dikonfirmasi Senin (6/1/2020).

Teguh mengingatkan hujan deras disertai angin kencang yang melanda beberapa wilayah di Jatim berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir, longsor, hingga pohon yang tumbang. Maka dari itu, dia mewanti-wanti masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi.

“Masyarakat harus waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan cuaca ekstrem seperti potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” tandasnya.

Khusus hari ini, kata Teguh, perkiraan cuaca di pagi hari cenderung cerah berawan dan terjadi hujan lokal di beberapa wilayah. Peringatan dini terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat, diperkirakan melanda daerah Magetan dan Kabupaten Pasuruan.

Sedangkan siang hingga sore, cuaca diprediksi berawan dengan hujan lokal hingga hujan lebat. Sementara hujan dengan petir dan angin kencang diperkirakan melanda beberapa wilayah Jatim.

Misalnya di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Tuban, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Pamekasan dan Sampang.

Sementara di malam hari, kondisi cuaca juga terjadi hujan lokal yang intensitasnya sedang hingga lebat. Kondisi ini pun diramalkan terjadi di Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso dan Situbondo.