Bea Cukai Jatim Lakukan Razia, 32 Juta Batang Rokok Ilegal di Musnahkan

SIDOARJO, Jatimpost.com – Rokok illegal atau pergunakan pita cukai palsu semakin mewabah di jawa timur, ini membuat pemerintah geram, khususnya Ditjen Bea Cukai (DJBC) Kanwil Jawa Timur I, pasalnya kegiatan penggelapan pajak ini sangat merugikan Negara.

DJBC Kanwil Jawa Timur I hari ini memusnahkan sekitar 32 juta batang rokok ilegal. Seluruh rokok beragam merek ini hasil tangkapan (razia) beberapa Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) di wilayah Kanwil DJBC Jatim I selama tahun 2017 .

“Seperti di kantor pelayanan yang ada di Perak Surabaya, Juanda, Pasuruan, Sidoarjo, Bojonegoro dan Madura,” jelas Kepala Kanwil DJBC Jatim I Muhammad Purwantoro saat pemusnahan di halaman kantor DJBC Jatim I Juanda Sidoarjo, Selasa, 19 Desember 2017.

Negara dirugikan Rp9,7 miliar akibat peredaran rokok ilegal atau pita cukai palsu ini. Sementara di tahun 2017 ini, juga berlangsung penyidikan dan penindakan pita cukai palsu sebanyak 4.216 lebar pita cukai palsu, dengan potensi kerugian negara sebanyak Rp.1,2 miliar.

“Dari penyidikan pita cukai kini telah ditetapkan 6 tersangka dan saat ini berkasnya sudah lengkap (P21),” tandasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, diantara KPPBC yang melakukan penindakan untuk peredaran rokok ilegal, yakni KPPBC TMP C Bojonegoro yang telah melakukan penindakan sebanyak 50 kali dan menyita barang bukti sekitar 112.063 batang rokok.

Sedangkan Peringkat kedua disusul KPPBC TMP A Pasuruan melakukan penindakan sebanyak 43 kali dengan barang bukti sebanyak 2,3 juta batang rokok. “Belum lagi di Madura, Perak, dan beberapa daerah lainnya,” terangnya. [BJ]