Baddrut Tamam Serahkan Bantuan Kendaraan Sampah kepada 6 Penstren di Pamekasan

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam bersama Wakilnya Raja'i saat memberikan bantuan kendaraan sampah kepada enam Pesantren di Pamekasan

Pamekasan, Jatimpost.com – Untuk mengatasi masalah sampah di lingkungan Pesantren, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam memberikan bantuan berupa enam kendaraan sampah kepada enam Pesatren besar di wilayah Pamekasan, Jum’at (6/3/20).

Politisi PKB itu berharap, dengan diberikannya bantuan tersebut dapat digunakan untuk pengelolaan sampah di lingkungan Pesantren. Sebab, selama ini Pesantren identik dengan image lingkungan kumuh.

“Pesantren agar lingkungan yang indah dan bersih. Sehingga pesantren yang identik dengan kumuh bisa segera teratasi,” ungkapnya.

Ra Baddrut panggilan akrabnya mengungkapkan, Pesantren bisa menjadi leading di sektor kebersihan. Sebab, di pesantren selalu ada tulisan di dinding yang bertuliskan “Kebersihan sebagian dari imam”. Tulisan tersebut sebagai landasan santri untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Ada enam pesantren yang menerima kendaraan sampah. Kami menginginkan Pesantren sebagai penggerak utama kebersihan,” katanya saat memberi sambutan usai menyerahkan bantuan.

Dari jumlah total 329 pondok yang ada wilayah Pamekasan, 39 diantaranya sudah terdaftar sebagai Eko Pesatren. Dari jumlah tersebut, secara bertahap Pemkab Pamekasan akan memberikan bantuan dan pembenahan.

“Hari ini baru enam pesantren. Semoga pesantren lainnya bisa menerima kendaraan sampah,” ujarnya.

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pesantren. Pemkab Pamekasan pada bulan Syawal mendatang akan menyalurkan beasiswa kepada 1700 santri. Beasiswa tersebut akan diberikan kepada orang-orang tidak mampu di seluruh pelosok desa di Pamekasan.

“Beasiswa santri untuk anak lulusan SD yang tidak mampu akan kami kirim ke pondok pesantren. Kami akan tanggung kebutuhannya. Mulai dari makan hingga SPP,” tandasnya. [aw]