Antisipasi Penularan Virus Corona, Puluhan Napi Pindahan di Lapas Pasuruan Jalani Isolasi

Foto Istimewa

Pasuruan, Jatimpost.comPuluhan narapidana menjalani isolasi di Lapas IIB Pasuruan. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi penularan virus Corona. Sebab, narapidana yang diisolasi itu baru dipindahkan dari Rutan Medaeng.

Kepala Lapas IIB Pasuruan, Wahyu Indarto menerangkan, ada 60 narapidana yang dipindahkan dari Rutan Medaeng beberapa waktu lalu. Puluhan narapidana itu harus dipindah lantaran kondisi rutan yang sudah overcrowded. Ia memastikan, pihaknya tetap melakukan pemeriksaan narapidana secara ketat. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Tetap dilakukan penggeledahan, tetapi standar penggeledahan berbeda dengan pada umumnya. Seluruh petugas yang berhadapan dengan narapidana langsung, wajib menggunakan alat pelindung diri, mulai dari masker, face shield dan handscoon,” terang Wahyu, jumat (13/11/2020).

Wahyu menjelaskan, pihaknya juga harus melakukan antisipasi ekstra apabila ada narapidana yang baru masuk selama pandemi saat ini. Sebab hal itu sangat berkaitan dengan kondisi kesehatan narapidana maupun tahanan lainnya.

“Para napi diisolasi 14 di ruangan khusus. Ada blok khusus isolasi dengan dua kamar. Satu kamar ada 30 orang,” pungkasnya.

Disampaikan Wahyu, sebagian besar napi pindahan ini terjerat kasus narkoba. “Pidananya di bawah 10 tahun,” tandasnya.