Antisipasi Banjir Susulan Akibat Luapan Kali Lamong, BPBD Gresik Siapkan Mobil Anti Banjir

Mobil ampibi yang dipersiapkan oleh BPBD Gresik guna menantisipasi banjir susulan yang disebabkan luapan sungai kali Lamong

Gresik, jatimpost.com – Guna antisipasi terhadap banjir susulan akibat luapan kali Lamong BPBD Gresik persiapkan mobil ampibi anti banjir. Mobil Ampibi 2600 CC ini bermerek Triton didesain khusus utnuk bergerak di daerah banjir meskipun kedalaman air hingga 1,2.

Mobil yang berharga hampir 1 milliar itu dilengkapi dengan APAR, alat selam, pelampung, dan alat evakuasi lainnya. Dengan fasilitas yang dimiliki, mobil itu diharapkan bisa digunakan untuk mengevakuasi korban banjir.

BPBD Gresik Tarso Sugito mengungkapkan sarana prasarana yang dipersipakan adalah bentuk ikhtiar BPBD Gresik dalam mengantisipasi banjir susulan akibat melupanya kali Lamong.

“Ini bagian dari antisipasi kami, meski hari ini sudah surut, tak menutup kemungkinan banjir akan datang lagi karena menurut data BMKG, awal tahun di pekan pertama akan ada hujan lebat,” katanya, Jumat (3/1/20).

Ditanya soal keberadaan mobil ampibi yang disiapkan oleh BPBD Gresik, Tarso mengungkapkan mobil tersebut memang dikhususkan untuk medan berat dan banjir.

“Mobil ini memang spesifikasi sekali karena bentuknya mirip dengan kendaraan tempur milik pasukan khas (Paskhas) TNI AU yang dikhususkan buat medan berat maupun banjir,” ungkap Tarso.

Tarso menambahkan, mobil ampibi tersebut juga telah disiapkan di titik yang rawan terkena banjir. Sehingga setiap saat sudah siap digunakan untuk mengevakuasi warga.

“Jadi intinya tim kami siap, dan saling kordinasi antar OPD dan camat juga. Kami juga sudah mengantisipasi banjir susulan di wilayah selatan, jadi alat evakuasi sementara ada disana,” terangnya.

Banjir yang melanda Gresik disebabkan oleh luapan sungai Kali Lamong yang berada di wilayah selatan. Dan, luapan Sungai Bengawan Solo yang ada di wilayah utara. [hy]