Angka Pasien Sembuh Covid Meningkat, Bupati Malang Ungkap Penyebabnya

Foto Istimewa

JatimPost, Malang – Kasus positif covid-19 di Kabupaten Malang memang semakin bertambah. Namun, hal tersebut dibarengi dengan angka kesembuhan penderita yang mengalami kenaik tinggi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Malang HM. Sanusi bahwa, angka kesembuhan pasien covid-19 di Kabupaten Malang mengalami kenaikan yang menurutnya jika dipersentasekan mencapai 75 persen. “Sudah 75 persen. Dari 521 (yang positif covid-19), yang sembuh 424 orang,” ungkapnya Selasa (11/8/2020).

Ditanya soal faktor penyebab terjadinya angka kesembuhan yang menunjukkan kenaikan tinggi, Sanusi mengatakan banyak faktor. Salah satunya dengan memberikan fasilitas dan pelayanan yang menunjang pasien covid-19 agar tidak mengalami depresi.

“Menurut ahlinya, imun harus kuat. Maka salah satu agar imun kuat, masyarakat ketika kena covid psikologinya harus kuat dan harus tetap tidak depresi, ” jelasnya.

Terkait fasilitas pelayanan untuk penanganan pasien covid-19, Sanusi mengaku sudah menyiapkan rumah sakit dan rusunawa yang merupakan  tempat safe house bagi para pasien juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti televisi. “Yang kedua, pelayanan rumah sakit dalam hal ini yang dirawat di rusunawa itu kita kasih treatment baik, tempat bagus, ada televisi. Yang jelas mereka nggak boleh stres,” terangnya.

Disamping itu, khusus pasien covid-19 yang menjalani isolasi mandiri masing-masing di rumah pribadinya, Sanusi juga mengungkapkan tetap dilakukan perawatan dan pemantauan terhadap mereka. “Yang di rumah juga gitu, tetap dirawat, diperbaiki semua. Mudah-mudahan tidak ada penambahan mati karena covid-19” pungkasnya.