Alami Penurunan, Jumlah Penumpang Arus Balik Tak Sebanding Dengan Arus Keberangkatan Saat Libur Panjang

Foto Istimewa

JatimPost, Sidoarjo – Jumlah keberangkatan di Terminal Purabaya pada hari libur panjang kemarin memang mengalami peningkatan besar mencapai angka 28 persen. Namun, berbeda dengan arus balik yang mengalami penurunan jumlah penumpang.

Menurut data yang dihimpun dari Terminal Purabaya, kedatangan rupanya tak ada lonjakan penumpang. Arus balik yang terjadi hari Minggu (1/1/2020), tercatat hanya ada sekitar 7.555 penumpang yang ada di Terminal Purabaya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Unit Terminal Purabaya, Imam Hidayat, yang mana hari biasa sebelum pandemi jumlah penumpang sekitar 28 ribu penumpang setiap hari namun saat new normal penumpang hanya sekita 7-8 ribu penumpang perhari.

“Lonjakan penumpang dari hari-hari kemarin yang 7 ribu itu mengalami kenaikan selama keberangkaran long weekend sebanyak 11 ribu sampai 12 ribu penumpang,” ujar Imam, Senin (2/11/2020)

Berbeda dengan arus balik, lanjut Imam, Kalau arus balik bukan keberangkatan yang dihitung tapi kedatangan. Arus balik kemarin mencapai 7.555 penumpang,” tambahnya.

Seperti yang terpantau olehKepala Unit Terminal Purabaya bahwa, pada hari kamis kedatangan penumpang hanya 5.553 penumpang, hari jumat 7.371 dan hari sabtu 6.325 penumpang. Sehingga tidak ada peningkatan jumlah arus balik saat Long Weekend kemarin.

Imam mengatakan bahwa kebanyakan penumpang hanya datang dari Sidoarjo karena lebih banyak para pekerja yang datang untuk kembali bekerja. Sedangkan dari luar daerah angkanya terbilang sedikit.

“Untuk kendaraan armada bus Saya kira nggak seberapa. Apalagi sekarang banyak pemesanan online, sewa mobil, Armada mobil yang ada di terminal sendiri merasa ada penurunan atau bisa jadi orang-orang yang tidak tahu seperti apa protokol kesehatan, tapi di terminal sendiri protokol kesehatan diterapkan sangat ketat,” jelas Kepala Unit Terminal Purabaya.