Ada-ada Saja, Seorang Pria di Sidoarjo Pura-pura Pingsan Saat Akan di Denda Karena Tak Bermasker

Pria yang diduga pura-pura pingsan dalam operasi yustisi di Sidoarjo (Foto: Suparno)

Sidoarjo, Jatimpost.com – Ada-ada saja perilaku seorang warga saat terjaring operasi Yustisi di Sidoarjo yang degelar untuk meberikan efek jera kepada masyarakat yang tidak memakai masker. Untuk menghindari sanksi tersebut, pria ini pura-pura pingsan saat akan didenda sebesar 200 ribu.

Sanksi denda tersebut berbeda dengan yang diberikan kepada belasan pengendara lain yang terjaring operasi Yustisi sebesar 150 ribu setelah menjalani sidang ditempat. Sebab, pria tersebut melakukan protes kepada petugas saat terjaring razia, bahkan ia menolak saat diminta untuk memakai masker.

Saat dilakukan sidang ditempat, aksi kocak pria tadi dimulai. Ketika mendengar denda yang diberikan kepadanya, ia mendadak jatung pingsan. Kemudian petugas mengangkatnya ke pos lantas Waru. Ia sadar sesaat kemudian setelah petugas memberinya minum.

Terkait kejadian tersebut, Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumarji mengatakan, pelanggar tersebut tidak sedang benar-benar pingsan. Ia menduga, pelanggar ini hanya mencari perhatian, karena tidak siap menerima sanksi.

“Diduga pura-pura pingsan terlihat matanya tidak dipejamkan,” terang Sumardji, Senin (14/9/20).

Untuk diketahui, operasi Yustisi ini dilakukan untuk memberikan sanksi tegas bagi pengendara yang melanggar protokol kesehatan sesuai Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 2 Tahun 2020. Perda ini merupakan perubahan Perda Provinsi Jatim Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat.