90 Persen Bantuan Covid-19 di Kabupaten Lumajang Tersalurkan

Buapati Lumajang Thoriqul Haq saat pelepasan armada pembagian bantuan 'Ngeramut Tonggo'

Lumajang, Jatimpost.com – Penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten saat ini telah mencapai 90 persen. Pemkab Lumajang saat ini fokus untuk menyelesaikan penyaluran dari semua jenis bantuan hingga mencapai 100 persen.

Mulai dari jenis bantuan yang bersal dari PKH, BNPT, BLT Dana Desa, BST Perluasan Sembako dari Kementrian sosial, hingga bantuan pihak swasta yang tergabung dalam gerakan ‘Ngeramut Tonggo’. “Termasuk program kami Ngeramut Tonggo. Bantuan itu sudah tersalurkan hampir 90 persen,” kata Bupati, kamis (11/6/20).

Buapti yang akrab disapa Cak Thoriq itu menjelaskan, jumlah penerima bantuan di kabupaten Lumajang secara keseluruhan sebanyak 320.634 KK. Termasuk didalamnya bantuan pihak swasta ‘Ngeramut Tonggo’.

“Saat ini program Ngeramut Tonggo tahap kedua yang kami salurkan,” terangnya.

Dalam tahapan kedua ini, pihaknya telah mendata kembali sehingga ada tambahan data penerima bantuan. Total jumlah penerima bantuan mencapai 63 ribu yang tersebar di 23 kecamtan yang ada di Lumajang.

“Ada penambahan data, sebelumnya tercatat ada 49 ribu KK. Ada tambahan data sampai akhirnya tercatat 63 ribu KK,” jelasnya.

Walaupun telah mendapatkan tambahan data penerima, sebagian masyarakat masih ada yang melapor kepada Pemkab bahwa mereka belum mendapatkan bantuan. Oleh sebab itu, pihaknya akan terus mensingkronkan data agar bantuan tersebut tersampaikan kepada yang benar-benar membutuhkan.

“Prinsipnya, masih ada persoalan. Tapi akan kami tuntaskan semua persoalan pendataan ini, sehingga masyarakat yang terdampak Covid-19 benar-benar mendapatkan bantuan,” ujar politis PKB itu. [hy]