5,26 Kilogram Sabu-sabu Senilai 7,5 Milyar Dimusnahkan BNNP Jawa Timur

Jatimpost.com – BNNP Jawa Timur berhasil memusnahkan narkoba jenis sabu seberat 5,26 kilogram atau 5.260 gram dari hasil sitaan dua jaringan peredaran sabu-sabu, Selasa (26/11/2019).

Brigjend Pol Bambang Priyambadha menjelaskan selaku Kepala BNNP Jawa Timur menjelaskan, sabu senilai 7,5 Milyar tersebut didapat dari jaringan asak Aceh, dan Tanjung Pinang, Sumatera.

“Kami sita barang (sabu) tersebut dari dua jaringan. Tiga tersangka, satu diantaranya kami lakukan tindakan tegas terukur,” terang Brigjend Bambang Priyambadha, Selasa (26/11/2019).

Lebih lanjut Bambang menambahkan, sabu-sabu tersebut didapat dari dua tersangka yakni Rizal (35) warga Sidoarjo dan Jufri (38) warga Cot Geleumpiang, Aceh, yang semuanya masing-masing membawa sabu seberat 1,1 kilogram.

Keduanya terpaksa ditembak mati oleh petugas karena melakukan perlawanan ketika hendak ditangkap oleh petugas pada 24 September 2019 lalu.

Sementara itu barang bukti sabu sebesar 4,16 kilogram, disita dari seorang kurir asal Madura. Paket tersebut dikirim dari Malaysia dan diterimanya di Tanjung Pinang, Sumatera.

Bambang mengatakan, kedua kurir yang ditangkap tersebut yakni Rizal dan Safiin mengaku dijabjikan uang oleh para bandar yang mengendalikan mereka.

“Rizal ini dapat upah 1 juta per 100 gram yang berhasil di distribusikan. Kalau Safiin mendapat upah 5 juta rupiah sekali antar barang,” terangnya.[dy]